Minggu, 16 Juli 2017

makalah heuristik ketersediaan



HEURISTIK KETERSEDIAN (AVAILIBILITY HEURISTICS)



 



fekon umpar
                                                                                           




Oleh:
Kelompok V
Kelas D

Ais Sadilas                           214 200 128
Samra                                    214 200 186
Muh. Rifki Adrian                214 200 200


PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE
2016



 

KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr.Wb      
       Puja dan Puji syukur kita haturkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tugas mata kuliah Akuntansi Keperilakuan yang berjudul “Heuristik Ketesediaan (Availability Heuristics)”.
       Makalah ini telah kami susun dengan maksimal, namun kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi  susunan kalimat maupun dari tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini untuk waktu kedepannya.
       Akhir kata, kami berharap semoga makalah kami ini dapat memberikan ilmu, manfaat maupun inspirasi terhadap pembaca.
           
                                                                                    Parepare 29 Oktober 2016

                                                                                                Penyusun



DAFTAR ISI





BAB I

PENDAHULUAN


       Pengambilan keputusan merupakan suatu proses mengombinasikan pendekatan yang rasional dan judgmental, yang prosesnya tidak dapat diformulasikan secara lengkap. Dalam proses ini, pengambil keputusan akan selalu menghadapi risiko yang berpengaruh pada proses judgment itu sendiri. Pemahaman terhadap proses pengambilan keputusan pada masalah yang kompleks sangatlah penting agar dapat mengambil keputusan dengan baik dan menghadapi risiko dengan bijak. Praktik pengambilan keputusan selama ini menunjukkan kompleksitas masalah dan keterbatasan kemampuan rasional manusia, maka orang akan melakukan pengambilan keputusan secara rasional dan juga dalam berbagai situasi, mengambil keputusan dengan proses heuristic.
              Yang melatarbelakangi dari pembuatan makalah kami yang bejudul Heuristik Ketersediaan (Availability Heuristics) adalah guna sebagai bahan pembelajaran bagi teman-teman mahasiswa(i).

1.    Bagaimana heuristik secara umum ?
2.    Apa pengetian dari heuristik ketersediaan ?


 

       Agar mahasiswa dapat mengetahui dan memahami materi tentang Heuristik Ketersediaan (Availibilty Heuristics), sehingga kelak dalam dunia kerja mahasiswa dapat menerapkan materi tersebut.



BAB II

PEMBAHASAN


       Untuk mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan heuristik (heuristic) yaitu aturan sederhana untuk membuat keputusan kompleks atau untuk menarik kesimpulan secara cepat dan seakan tanpa usaha yang berarti.
       Atau heuristik merupakan cara menemukan sesuatu melalui hukum kedekatan, kemiripan, kecenderungan, atau keadaan yang diperkirakan paling mendekati kenyataan. Heuristik disebut juga “the rule of thumb” (hukum jempol jari). Pendekaatan ini dapat dicontohkan pada kejadian seseorang yang menentukan panjang sebuah meja dengan merentangkan jari tangannya, bukan dengan alat ukur yang dapat menunjuk panjang secara akurat.
3.  Menurut Robbins dalam Purwanto (2006), heuristik adalah suatu proses reduksi infomasi untuk menghindari terlalu banyaknya informasi atau jalan pintas penilaian terhadap suatu fenomena untuk dijadikan acuan dalam penyelesaian masalah.
       Ada dua macam jenis heuristic menurut Baron dan Byrne (2004)  yaitu antara lain sebagai berikut :
a.    Heuristik keterwakilan (heuristic representativeness)
b.    Heuristik ketersediaan (availability heuristics)
      
       Heuristik ketersediaan telah terbukti berperan dalam berbagai aspek kognisi sosial. Heuristik ini berhubungan dengan proses lain yang sangat penting yaitu meningkatnya ketersediaan informasi dalam memori atau kesadaran, yang berasal dan hadirnya suatu stimuli atau peristiwa tertentu. Heuristic ini berhubungan dengan proses pemaparan awal (priming) yaitu meningkatnya ketersediaan informasi sebagai hasil dari sering hadirnya rangsangan atau peristiwa-peristiwa khusus. Pemaparan awal bisa muncul bahkan ketika individu tidak sadar akan adanya rangsangan yang telah dipaparkan sebelumnya disebut juga pemaparan awal otomatis.



BAB III

PENUTUP


       Salah satu masalah yang akan dihadapi dalam suatu organisasi adalah dalam pengambilan keputusan. Keputusan yang diambil akan sangat mempengaruhi dari operasional organisasi tersebut. Keputusan yang diambil secara asal atau tanpa pertimbangan akan menimbulkan suatu masalah.
      
       Kritik dan saran sangat kami harapkan dari pembaca, demi untuk mengukur sampai dimana kemampuan kami dan agar pembuatan makalah selanjutnya dapat lebih disempurnakan lagi.




 

DAFTAR PUSTAKA


Hardiansah, Septian. 2015. Heuristik Dan Pemrosesan Otomatis, http://sumberilmupsikologi.blogspot.co.id/2015/09/heuristik.html, diakses pada Rabu, 29 Oktober 2016 pukul 15.15 WITA

 

Tirtaputra, Adam. 2013. Kognisi Sosial: Heuristik dan Pemrosesan Otomatis (Psikologi Sosial 1), http://adamtirtaputra.blogspot.co.id/2013/10/kognisi-sosial-heuristik-dan pemrosesan.html, diakses pada Rabu, 29 Oktober 2016 pukul 15.00 WITA

Tiluk Wahyono,Iyandri. 2011. Makalah Pengambilan Keputusan, http://gudangartikels.blogspot.co.id/2011/04/makalah-pengambilan-keputusan.html, diakses pada Rabu, 29 Oktober 2016 pukul 15.10 WITA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar