Sabtu, 14 Januari 2017

BELAJAR DARI NYAMUK

       Tuhan menciptakan dan mengatur alam, tumbuh-tumbuhan, dan segala yang ada di dunia dengan sempurna. Tuhan pulalah yang menciptakan kita dengan sebaik-baiknya ciptaan. Seluruh ciptaan-Nya pasti sempuran. Seluruh ciptaannya pasti terbaik. Nyamuk saja yang sering menggigit, manfaatnya luar biasa kepada kita. Meskipun disatu sisi, gigitannya dapat menyebabkan manusia meninggal. Disisi lain menghidupi banyak orang. Kok bisa?
       Keberadaan nyamuk menjadi jalan terbukanya lapangan kerja bagi kita. Dengan adanya nyamuk, beberapa perusahaan membuat produk antinyamuk. Agar produksi bisa maksimal, perusahaan membuka lapangan pekerjaan. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan tersebut mempekerjakan ratusan hingga ribuan karyawan. Setiap karyawan juga menanggung dua atau tiga anggota keluarga. 
       Bisa kita bayangkan, jika nyamuk tidak diciptakan oleh Allah. Kemana mereka mencari pekerjaan layak untuk menghidupi keluarganya? Bagaimana mereka mendapatkan tempat hidup layak?  Dengan izin-Nya, Yang Maha Kuasa Menciptkan nyamuk sebagai sumber rezeki mereka. Nyamuk saja begitu besar manfaatnya, apalagi kita. Tuhan menciptakan kita sebagai khalifah di muka bumi, tetapi tak jarang manusia masih mikir-mikir kebermanfaatannya kepada sesama. Mestinya kita malu dengan nyamuk. Saya tidak ingin dibanding-bandingkan dengan nyamuk, tetapi begitulah faktanya.
Setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apapun kelebihan dan kekurangan kita haruslah disyukuri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar